Sejarah Kain Sasirangan

Kain sasirangan adalah sejenis kain yang diberi gambar dengan corak dan warna tertentu yang sudah dipolakan secara tradisional menurut citarasa budaya yang khas etnis Banjar di Kalsel.
Secara etimologis istilah Sasirangan bukanlah kata benda sebagaimana yang dikesankan oleh pengertian di atas, tapi adalah kata kerja. Sa artinya satu dan sirang artinya jelujur. Ini berarti sasirangan artinya dibuat menjadi satu jelujur.
Kain sasirangan memang identik dengan kain yang diberi gambar dengan corak warna-warm berbentuk garis-garis jelujur yang memanjang dari bawah ke atas (vertikal). Sungguhpun demikian, istilah sasirangan sudah disepakati secara social budaya (arbitrer) kepada benda berbentuk kain (kata benda).
Pada mulanya kain sasirangan disebut kain langgundi, yakni kain tenun berwana kuning. Ketika Empu Jatmika berkuasa sebagai raja di Kerajaan Negara Dipa pada tahun 1355-1362. Kain langgundi merupakan kain yang digunakan secara luas sebagai bahan untuk membuat busana harian oleh segenap warga negara Kerajaan Negara Dipa.
Hikayat Banjar memaparkan secara tersirat bahwa di kawasan yang sekarang ini dikenal sebagai pusat kota Amuntai banyak berdiam para pengrajin kain langgundi. Keterampilan membuat kain langgundi ketika itu tidak hanya dikuasai oleh para wanita yang sudah tua saja, tetapi juga dikuasai oleh para wanita yang masih gadis belia. Paparan ini menyiratkan bahwa kain langgundi ketika itu memiliki pangsa pasar yang besar. Jika tidak, maka sudah barang tentu tidak bakal banyak warga negara Kerajaan Negara Dipa yang menekuninya sebagai pekerjaan utama.
Bukti bahwa di kota Amuntai ketika itu banyak berdiam para pembuat kain langgundi adalah paparan tentang keberhasilan Lambung Mangkurat memenuhi permintaan Putri Junjung Buih sebagai syarat kesediaannya untuk dijadikan raja putri di Kerajaan Negara Dipa.
Menurut Hikayat Banjar, Putri Junjung Buih ketika itu meminta Lambung Mangkurat membuatkan sebuah mahligai megah yang harus selesai dikerjakan dalam tempo satu hari oleh 40 orang tukang pria yang masih bujangan. Selain itu, Putri Junjung Buih juga meminta Lambung Mangkurat membuatkan sehelai kain langgundi yang selesai ditenun dan dihiasi dalam tempo satu hari oleh 40 orang wanita yang masih perawan.
Semua permintaan Putri Junjung Buih itu dapat clipenuhi dengan mudah oleh Lambung Mangkurat. Paparan ini menyiratkan bahwa di kota Amuntai ketika itu banyak berdiam para tukang pria yang masih bujang, dan para penenun wanita yang masih perawan. Jika tidak, maka sudah barang tentu Lambung Mangkurat tidak akan mampu memenuhi semua permintaan Putri Junjung Buih.
Pada hari yang telah disepakati, naiklah Putri Junjung Buih ke alam manusia meninggalkan tempat persemayamannya selama ini yang terletak di dasar Sungai Tabalong. Ketika itulah warga negara Kerajaan Negara Dipa melihat Putri Junjung Buih tampil dengan anggunnya. Pakaian kebesaran yang dikenakannya ketika itu tidak lain adalah kain langgundi warna kuning basil tenuman 40 orang penenun wanita yang masih perawan (Ras, 1968 : Baris 725-735, Hikajat Bandjar)
Merujuk kepada paparan yang ada di dalam Hikayat Banjar (selesai ditulis tahun 1635), kain langgundi sebagai cikal bakal kain sasirangan sudah dikenal orang sejak tahun 1365 M. Namun, sudah barang tentu kain langgundi yang dibuat pada kurun-kurun waktu dimaksud sudah tidak mungkin ditemukan lagi artefaknya.
Menurut laporan Wulan (2006), kain sasirangan yang paling tua berusia sekitar 300 tahun. Kain sasirangan ini dimiliki oleh Ibu Ida Fitriah Kusuma, salah seorang warga kota Banjarmasin (Tulah Mata Picak Tangan Tengkong, SKH Mata Banua Banjarmasin, Senin, 13 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 13).
Konon, sejak Putri Junjung Buih mengenakan kain langgundi, maka sejak itu pula, warga negara Kerajaan Negara Dipa tidak berani lagi mengenakan kain langgundi. Mereka khawatir akan kualat karena terkena tulah Putri Junjung Buih yang sejak itu menjadi raja putri junjungan mereka. Akibatnya, para pengrajin kain langgundi tidak lagi membuatnya, karena pangsa pasarnya memang sudah tidak ada lagi.
Meskipun demikian, kain langgundi ternyata tidaklah punah sama sekali. Beberapa orang warga negara Kerajaan Negara Dipa masih tetap membuatnya. Kali ini kain langgundi dibuat bukan untuk dijadikan sebagai bahan pembuat busana harian, tetapi sebagai bahan pembuat busana khusus bagi mereka yang mengidap penyakit pingitan. Penyakit pingitan adalah penyakit yang diyakini sebagai penyakit yang berasal dari ulah para arwah leluhur yang linggal di alam roh (alam barzah).
Menurut keyakinan yang sudah berurat berakar di kalangan etnis Banjar di Kalsel, konon para arwah leluhur itu secara berkala akan menuntut anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya untuk mengenakan kain langgundi. Begitulah, setiap satu, tiga, lima, dan tujuh tahun anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya akan jatuh sakit akibat terkena penyakit pingitan. Tidak ada obat lain yang dapat menyembuhkannya dari penyakit pingitan itu kecuati mengenakan kain langgundi.
Kain langgundi yang di pergunakan sebagai sarana pelengkap dalam terapi pengobatan alternatif itu dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan keperluan, seperti sarung (tapih bahalai), bebat (babat), selendang (kakamban), dan ikat kepala (laung). Corak dan warna gambar kain langgundi sangatlah beragam (tidak melulu bercorak getas dan berwarna dasar kuning saja), karena setiap jenis penyakit pingitan menuntut adanya kain langgundi dengan corak dan warna gambar tertentu yang saling berbeda-beda. Sejak dipergunakan sebagai sarana pelengkap dalam terapi pengobatan alternatif inilah kain langgundi lebih dikenal sebagai kain sasirangan. Nama ini berkaitan dengan cara pembuatan, yakni disirang (kain yang dijelujur dengan cara dijahit kemudian dicelup ke dalam zat pewarna).
Ketika masih bernama kain langgundi, kain sasirangan difungsikan sebagai kain untuk busana semua lapisan masyarakat di Kerajaan Negara Dipa, bahkan mungkin sejak zaman keemasan Kerajaan Nan Sarunai sebelum ditaklukkan oleh Empu Jatmika pada tahun 1355. Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu (sebelum tahun 1355) merujuk kepada fungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara.
Ketika masih bernama kain langgundi, kain sasirangan difungsikan sebagai kain untuk busana semua lapisan masyarakat di Kerajaan Negara Dipa, bahkan mungkin sejak zaman keemasan Kerajaan Nan Sarunai sebelum ditaklukkan oleh Empu Jatmika pada tahun 1355. Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu (sebelum tahun 1355) merujuk kepada fungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara.
Setelah Putri Junjung Buih, kemudian Pangeran Surianata, dan anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya berkuasa di Kerajaan Negara Dipa, kain langgundi hanya boleh dikenakan sebagai busana kebesaran para bangsawan kerajaaan. Rakyat jelata tidak berani mengenakannya sebagai busana harian karena, takut terkena tulah. Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika, itu (sesudah tahun 1335) merujuk kepada fungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani bagi para bangsawan kerajaan saja.
Fauzi (1993), memperkirakan sejak abad ke 14-15 kain sasirangan berubah menjadi kain yang dikeramatkan dan kain Pamintaan, yakni kain yang hanya dibuat berdasarkan permintaan anak, cucu, buyut, intah piat para bangsawan pengidap penyakit pingitan. Konon, diyakini tidak ada obat lain yang mujarab bagi para pengidap penyakit pingitan ini selain dari pada mengenakan kain sasirangan di kepala (ikat kepala, selendang), di perut (bebat), atau bahkan menjadikannya sebagai selimut fidur (sarong).
Menurut penuturan nenek Jumantan (72 tahun), seorang juru sembuh terkenal di kota Banjarmasin, para pasien penyakit pingitan yang datang berobat kepadanya tidak lain adalah orang-orang yang masih mempunyai hubungan pertalian darah dengan nenek moyang mereka yang dulu tinggal di Amuntai, Alabio, Kalua, dan Margasari (Wulan, 2006).
Patut diduga, nenek moyang para pasien nenek Jumantan tersebut tidak lain adalah anak, cucu, buyut, intah, piat dari 40 orang wanita perawan yang dulu berjasa membantu Lambung Mangkurat membuatkan kain langgundi yang diminta oleh Putri Junjung Buih. Ini berarti fungsi kain sasirangan sudah bergeser.
Perbedaan asal-usul geneologis nenek moyang antara anak, cucu, keturunan bangsawan berdarah biro menuntut perlakuan yang berbeda dalam hal proses penyembuhan. Proses penyembuhan penyakit yang dideritanya, keturunan rakyat jelata dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Sekadar meminum air putih yang sudah diberi mantra-mantra atau doa-doa oleh para juru

sembuhnya.
Sementara proses penyem¬buhan penyakit yang diderita oleh keturunan bangsawan sudah mengalami perumitan yang sedemikian rupa. Proses penyembuhan penyakit yang mereka derita harus dilengkapi dengan terapi mengenakan kain sasirangan yang harganya relatif mahal .
Paparan ini merupakan petunjuk bahwa kain sasirangan pada zaman dahulu kala pernah menjadi simbol status sosial di kalangan etnis Banjar di Kalsel. Kasus semacam ini masih terjadi hingga sekarang ini.
Rakyat jelata yang hidupnya miskin hanya diberi fasilitas pengobatan setara dengan dana yang tersedia dalam program asuransi kesehatan bagi rakyat miskin. Sementara itu para pejabat bahkan para mantan pejabat diberi fasilitas pengobatan yang terbilang istimewa dan dirawat di rumah sakit berkelas dengan dana ditanggung negara.
Menurut keterangan nenek Antung Kacit, siapa saja yang nenek moyangnya bukan keturunan bangsawan atau bukan keturunan pembuat kain sasirangan, akan kualat karena terkena tulah yang sangat menakutkan, yakni ninta picak tangan tengkong (bahasa Banjar, arfinya mata buta dan tangan coati rasa karena terkena stroke).
Tahun 1981, Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan datang bertandang ke rumah nenek Antung Kacil, seorang juru sembuh yang menjadikan kain sasirangan sebagai sarana pelengkap terapi pengobatannya. Mereka meminta kesediaan nenek Antung Kacil mengajarkan kiat-kiat membuat kain sasirangan.
Pada mulanya Antung Kacil tidak bersedia. la khawatir Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan terkena tulah mata picak tangan tengkong, karena telah berani belajar membuat kain sasirangan secara tanpa hak sesuai dengan yang disyaratkan sejak zaman dahulu kala.
Tanpa maksud menantang bahaya, Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan menyatakan siap, menanggung tulah itu. Mereka yakin tidak akan kualatkerkena tulah itu karena tujuan mereka belajar membuat kain sasirangan kepada. Antung Kacil semata-mata didasari dengan niat tulus, yakni ikut melestarikan salah satu kekayaan budaya milik bersama, etnis Banjar yang terancam punch. Akhirnya, hati Antung Kacil luluh juga.
Pada, tanggal 24 Juli 1982, Ida Fitriah Kusuma sudah berani mengajarkan ilmu yang barn dikuasainya kepada ibu-ibu warga kota Banjarmasin yang berminat. Selepas pelatihan itu, yakni tanggal 10 Agustus 1982, mereka membentuk Kelompok Kerja Pembuat Kain sasirangan Banawati (Wulan, 2006).
Kain sasirangan produksi mereka mulai diperkenatkan kepada khalayak ramai pada tanggal 27 Desember 1982. Ketika itu mereka menggelar peragaan busana kain sasirangan di Hotel Febiola Banjarmasin. Sambutannya sungguh luar biasa. Sejak itu kain sasirangan mulai dikenal lugs oleh segenap anggota masyarakat di Kalsel.
Bak gayung bersambut, kata berjawab, Gubernur Kalsel Ir HM Said kemudian mengeluarkan kebijakan mewajibkan para PNS mengenakan baju berbahan kain sasirangan pada setiap hari Jumat (1985). Tidak hanya itu, para calon jemaah haji Kalsel juga, diwajibkan mengenakan baju berbahan kain sasirangan pada scat upacara pelepasan keberangkatan mereka di Aula Asrama Haji Lanclasan Ulin Banjarbaru.
Tahun 1987, kain sasirangan dipamerkan di Departemen Perindustrian Jakarta. Pihak pemerintah daerah berinisiatif memberikan cinderamata kain sasirangan berkuahtas istimewa kepada para pejabat tinggi sipil dan militer yang berkunjung ke daerah kalsel.
Sejak tahun 1985 fungsi kain sasirangan sudah kembali menjadi kain yang berfungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara sebagaimana yang dulu berlaku sebelum tahun 1355. Tidak lagi berfungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rohani para pengidap penyakit pingitan.

Penulis : Tajuddin Noor Ganie, M.Pd.
dimuat oleh Harian Sinar Kalimantan Pada tanggal 4 -5 Februari 2008

Artikel yang berhubungan



Comments :

41 komentar to “Sejarah Kain Sasirangan”
Kurniadi Bulhani said...
on 

menarik mas .......

Admin said...
on 

keren bro.....
ini emg harus dikembangkan,,, jgn sampai... hilang khasanah budaya kita....

Anonymous said...
on 

Baru tau nich... tapi aku masih suka kaos oblong dan juga batik tapi ntar mungkin klo kerja secara resmi bisa pake sasirangan. hehehe

Anonymous said...
on 

ciri khas daerah yang harus dilestarikan.
dan dipromosikan tentunya.
salam kenal

kvdh said...
on 

menarik lah nukar dimana?

Anonymous said...
on 

Terima kasih atas inisiatifnya memuat tulisan saya di blog ini. Salam dari Tajuddin Noor Ganie

Jaket 69 said...
on 

ngga mnyangka ya ternyata kain yang terkenal karena motif dan warnanya ini, memiliki sejarah yang hampir lengkap, yang secara tidak langsung "mengajak" generasi penerus untuk selalu melestarikannya, sebagaimana halnya kia telah berhasil melestarikan "batik".
Salam kenal dari : http://jaketcampus.blogspot.com/

rezeki amalia assegaf said...
on 

terimakasih artikel ini sangat membantu saya dalam mempelajari lebih lagi tentang budaya kain sasirangan.

karna saya merupakan salah satu remaja banjarmasin yang langsung terjun untuk mempelajari lebih mengenai budaya banjarmasin dan membudayakan nya.

lakasidotcom said...
on 

izin copas yaa mas buat menambah artikel tentang banjar...terimakasih

Unknown said...
on 

berarti jaka kdd Ibu Ida Fitriah Kusuma kemungkinan sasirangan kada pernah dikenal masyarakat luas.....

Unknown said...
on 

dan Nini Antung Kacil hakun melajari.... jaka sidin karas takutan lawan tuah. cagaran babatik bubuhan banjar karena sasirangan pasti kdd

Unknown said...
on 

Thanks for sharing, artikel yang sangat menarik dan bermanfaat.. Anda ingin membeli kain murah berkualitas untuk membuat baju, tas, seragam, dll ? Anda bisa memesannya di fitinline.com

Aşeseher said...
on 

Ankara
Van
Hakkari
Edirne
Yozgat
KKMP

NeonSpecter007 said...
on 

Ankara
Bolu
Sakarya
Mersin
Malatya
X1LXLC

StarshipPhantom9000 said...
on 

Diyarbakır
Samsun
Antep
Kırşehir
Konya
3EİS

Yıldız said...
on 

düzce
sakarya
tunceli
van
bayburt
İYU

Berk said...
on 

whatsapp görüntülü show
ücretli.show
KZDR

ElectricManiac123 said...
on 

görüntülü.show
whatsapp ücretli show
WXPYKK

CelestialFlareY123456789OI said...
on 

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
5ALSV

5221EScottB97B4 said...
on 

35BD5
order sustanon
Aydın Evden Eve Nakliyat
Siirt Evden Eve Nakliyat
turinabol
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Ankara Evden Eve Nakliyat
Konya Evden Eve Nakliyat
Aksaray Evden Eve Nakliyat
primobolan for sale

8E79ESerenity4FB6F said...
on 

89077
Zonguldak Lojistik
Diyarbakır Lojistik
Düzce Şehirler Arası Nakliyat
Bolu Evden Eve Nakliyat
Muğla Lojistik
İzmir Parça Eşya Taşıma
Aksaray Lojistik
Afyon Evden Eve Nakliyat
Bitcoin Nasıl Alınır

FA164Heather4B3C8 said...
on 

8956C
Aksaray Şehirler Arası Nakliyat
Kilis Şehir İçi Nakliyat
Muş Şehirler Arası Nakliyat
Aksaray Şehir İçi Nakliyat
Sincan Fayans Ustası
Antalya Evden Eve Nakliyat
Yalova Şehirler Arası Nakliyat
Etlik Parke Ustası
Pancakeswap Güvenilir mi

695C1AdamFE6CB said...
on 

97442
Antalya Evden Eve Nakliyat
Muğla Evden Eve Nakliyat
Telcoin Coin Hangi Borsada
Samsun Şehir İçi Nakliyat
Eskişehir Şehirler Arası Nakliyat
Ağrı Parça Eşya Taşıma
Kilis Lojistik
Bitmex Güvenilir mi
Etimesgut Fayans Ustası

33354Baylee4BB43 said...
on 

B65DD
Çerkezköy Buzdolabı Tamircisi
Sivas Lojistik
Adıyaman Lojistik
Sivas Parça Eşya Taşıma
Giresun Parça Eşya Taşıma
Kırşehir Lojistik
Tekirdağ Parça Eşya Taşıma
Keçiören Boya Ustası
Niğde Lojistik

0E018Ronald810CA said...
on 

19034
Malatya Şehirler Arası Nakliyat
Erzincan Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Koltuk Kaplama
Giresun Parça Eşya Taşıma
Adıyaman Evden Eve Nakliyat
Telcoin Coin Hangi Borsada
Samsun Evden Eve Nakliyat
Konya Parça Eşya Taşıma
Eryaman Parke Ustası

C42FDLilith8B74C said...
on 

C6FD2
Osmaniye Evden Eve Nakliyat
Düzce Parça Eşya Taşıma
Balıkesir Şehirler Arası Nakliyat
Kocaeli Lojistik
Pursaklar Boya Ustası
Diyarbakır Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Kurtarıcı
Bitcoin Nasıl Alınır
Diyarbakır Parça Eşya Taşıma

0B905JocelynFD7C8 said...
on 

79D4F
Burdur Şehir İçi Nakliyat
Düzce Şehirler Arası Nakliyat
Iğdır Lojistik
Mamak Parke Ustası
Ordu Şehirler Arası Nakliyat
Artvin Şehirler Arası Nakliyat
Niğde Parça Eşya Taşıma
Mersin Evden Eve Nakliyat
Btcturk Güvenilir mi

23351YeseniaF43DF said...
on 

C2A40
Tekirdağ Cam Balkon
Sakarya Şehir İçi Nakliyat
Bitget Güvenilir mi
Yobit Güvenilir mi
Bingöl Parça Eşya Taşıma
Antep Evden Eve Nakliyat
Çorum Parça Eşya Taşıma
Tunceli Parça Eşya Taşıma
Isparta Evden Eve Nakliyat

67697SelenaC02D8 said...
on 

3C299
Kalıcı Makyaj
buy peptides
sms onay
Çerkezköy Çekici
Bayburt Şehir İçi Nakliyat
Huobi Güvenilir mi
steroid cycles
sustanon
Çankaya Fayans Ustası

0FDF2Valerie3F507 said...
on 

55896
https://referanskodunedir.com.tr/

AB13EGalilea4D1C7 said...
on 

0CEBA
binance referans kodu %20

1DB79Jennifer25396 said...
on 

F1ED9
Bitcoin Nasıl Oynanır
Bitcoin Kazanma Siteleri
Coin Madenciliği Nasıl Yapılır
Kripto Para Nasıl Çıkarılır
Coin Nedir
Okex Borsası Güvenilir mi
Binance Nasıl Oynanır
Coin Para Kazanma
Gate io Borsası Güvenilir mi

BE3B1Anton2C6A7 said...
on 

362B0
binance referans kodu
binance referans kodu
resimli magnet
resimli magnet
binance referans kodu
referans kimliği nedir
binance referans kodu
resimli magnet
referans kimliği nedir

2153CEugene66899 said...
on 

E8995
sesli sohbet sesli chat
telefonda sohbet
istanbul canli goruntulu sohbet siteleri
siirt sesli sohbet siteler
görüntülü sohbet ücretsiz
yozgat canlı sohbet odası
batman sesli sohbet mobil
çorum görüntülü sohbet canlı
isparta bedava sohbet siteleri

C541FKaseyF5AB1 said...
on 

D807B
yalova nanytoo sohbet
rastgele sohbet
malatya yabancı görüntülü sohbet uygulamaları
görüntülü sohbet odaları
bingöl random görüntülü sohbet
gümüşhane muhabbet sohbet
maraş mobil sesli sohbet
Sakarya Rastgele Sohbet Uygulaması
yozgat sohbet uygulamaları

6501EKolten80184 said...
on 

F0965
Youtube Beğeni Hilesi
Coin Nasıl Alınır
Twitter Trend Topic Hilesi
MEME Coin Hangi Borsada
Kripto Para Nasıl Kazılır
Facebook Takipçi Hilesi
Bonk Coin Hangi Borsada
Parasız Görüntülü Sohbet
Ön Satış Coin Nasıl Alınır

E172CDerrick1D4B9 said...
on 

0112F
İbradi
Yayladere
Avcılar
Pertek
Bayramören
Çemişgezek
Pülmür
Üsküdar
Kızılören

1EDCDEvalyn790CB said...
on 

0CB91
web ledger live
dcent
wallet ledger
arculus wallet web
trezor web
ledger live
onekey
trezor web
ledger wallet web

_____Takipci Satin Al said...
on 

494FF
bitcoin ne zaman yükselir
güvenilir kripto para siteleri
probit
kızlarla canlı sohbet
kripto para nereden alınır
bitcoin nasıl üretilir
coin nereden alınır
referans kimliği
papaya

-Takipci----- said...
on 

49172
kredi kartı ile kripto para alma
bitcoin nasıl üretilir
en güvenilir kripto borsası
en düşük komisyonlu kripto borsası
referans kimliği nedir
bitcoin hangi bankalarda var
kraken
btcturk
canlı sohbet odaları

Takipci------- said...
on 

F5E92
4g proxy
kucoin
binance 100 dolar
referans kimliği
referans kodu
okex
bitcoin haram mı
bybit
mexc

Post a Comment

 

Motivasi

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda sukai. Dan seringkali anda menghindari orang yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan

Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila cara-cara anda baru

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap anda salah

Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda

Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan

Bila anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita ketahui, kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan

Motivator : Mario Teguh

Total Pageviews

Follower

Popular Posts